Warning ! You have stepped onto Pinkcess's Zone Follow me and Leave your footsteps on this page │FollowDashboard
Allahuakbar Alhamdulillah Subhanallah Astaghfirullah

Aurahmu Maruahmu

Assalamualaikum wbt, salam jumaat yang penuh barakah. Now, I would like to share about aurah and this article lebih kepada adab berpakaian or berhias diri lah jugak from blog Manisnya Cinta Allah. Hopefully its beneficial to all readers.

Buat tetamu-tetamu blog yang dihormati,
Semoga dirahmati dan diberkati Illahi,
Apakah erti pakaian yang ada ditubuh badanmu?
Adakah yang dipakai itu menutupi auratmu dengan sempurna?
Adakah yang dipakai itu benar-benar menepati syariat?
Renunglah pakaian mu sahabat-sahabatku, refleksi dan koreksi diri kita.
Adakah pakain yang dipakai itu benar-benar menutupi auratmu?
 
Seluruh tubuh badan kita adalah aurat, termasuk kaki dan tangan kita...namun masih ramai yang culas dalam memelihara 2 anggota ini, masih ramai yang membiarkan ia terdedah tanpa sebarang pemeliharaan...tanpa rasa bersalah dan perasaan malu kita membiarkan ia "terbiar", sedangkan ia adalah amanah yang telah Allah pertanggungjawabkan untuk kita peliharaan...fikirkan lah, apa jawapan yang akan diberikan bilamana kita kembali ke akhirat kelak, apa jawapan yang akan kita berikan bila disoal kita...(Semoga Allah kurniakan aku istiqamah untuk memeliharanya sampai hujung nyawa, InsyaAllah.....)

Kadang-kadang hati berasa sangat bersalah bila melihat ramai rakan sekerja yang tidak menutup aurat dengan sempurna, pakaian yang sendat dan mengikut bentuk badan, tidak memakai stokin, bertabarruj dan  bertudung singkat....

Wahai sahabat-sahabat...
Kasihanilah suami kita, berat bebannya menanggung dosa-dosa kita,
bahkan dosa-dosa saudara perempuannya...
 
Tidakkah ada didalam hati kita perasaan kasihan itu didalam hati kita untuk insan yang kita sayang...
bimbang diakhirat kelak segala amal baiknya tidak mampu membawanya ke syurga dek kerana kesalahan-kesalahan yang kita lakukan didunia ini..

Berikut saya nyatakan beberapa syarat pakaian yang telah dinyatakan oleh  
Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani rahimahullah –ulama pakar hadits abad ini :
 

Syarat pertama: pakaian wanita harus menutupi seluruh tubuh kecuali wajah dan telapak tangan. Ingat, selain kedua anggota tubuh ini wajib ditutupi termasuk juga telapak kaki.
 
Syarat kedua: bukan pakaian untuk berhias seperti yang banyak dihiasi dengan gambar bunga apalagi yang warna-warni, atau disertai gambar makhluk bernyawa, apalagi gambarnya lambang partai politik! Yang terkahir ini bahkan bisa menimbulkan perpecahan di antara kaum muslimin.
Allah Ta’ala berfirman, “Dan hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu ber-tabarruj seperti orang-orang jahiliyyah pertama.” (QS. Al Ahzab : 33). 

Tabarruj adalah perilaku wanita yang menampakkan perhiasan dan kecantikannya serta segala sesuatu yang mestinya ditutup karena hal itu dapat menggoda kaum lelaki. Ingatlah, bahwa maksud perintah untuk mengenakan jilbab adalah perintah untuk menutupi perhiasan wanita. Dengan demikian, tidak masuk akal bila jilbab yang berfungsi untuk menutup perhiasan wanita
malah menjadi pakaian untuk berhias sebagaimana yang sering kita temukan.
 

Syarat ketiga: pakaian tersebut tidak tipis dan tidak tembus pandang yang dapat menampakkan bentuk lekuk tubuh. Pakaian muslimah juga harus longgar dan tidak ketat sehingga tidak menggambarkan bentuk lekuk tubuh. Dalam sebuah hadits shohih, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Dua golongan dari penduduk neraka yang belum pernah aku lihat, yaitu : Suatu kaum yang memiliki cambuk, seperti ekor sapi untuk memukul manusia dan para wanita berpakaian tapi telanjang, berlenggak-lenggok, kepala mereka seperti punuk unta yang miring, wanita seperti itu tidak akan masuk surga dan tidak akan mencium baunya, walaupun baunya tercium selama perjalanan ini dan ini.” (HR.Muslim).
 
Ibnu ‘Abdil Barr rahimahullah mengatakan, “Makna kasiyatun ‘ariyatun adalah para wanita yang memakai pakaian yang tipis sehingga dapat menggambarkan bentuk tubuhnya, pakaian tersebut belum menutupi (anggota tubuh yang wajib ditutupi dengan sempurna). Mereka memang berpakaian, namun pada hakikatnya mereka telanjang.” (Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah, 125-126)
Cermatilah, dari sini kita bisa menilai apakah jilbab gaul yang tipis dan ketat yang banyak dikenakan para mahasiswi maupun ibu-ibu di sekitar kita dan bahkan para artis itu sesuai syari’at atau tidak.
 
Syarat keempat: tidak diberi wewangian atau parfum.
Dari Abu Musa Al Asy’ary bahwanya ia berkata, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Perempuan mana saja yang memakai wewangian, lalu melewati kaum pria agar mereka mendapatkan baunya, maka ia adalah wanita pezina.” (HR. An Nasa’i, Abu Daud, Tirmidzi dan Ahmad. Syaikh Al Albani dalam Shohihul Jami’ no. 323 mengatakan bahwa hadits ini shohih).

Lihatlah ancaman yang keras ini!
 
Syarat kelima: tidak boleh menyerupai pakaian lelaki atau pakaian non muslim.
 
Dari Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu berkata, “Rasulullah melaknat kaum pria yang menyerupai kaum wanita dan kaum wanita yang menyerupai kaum pria.” (HR. Bukhari no. 6834)
 
”Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka dia termasuk bagian dari mereka” (HR. Ahmad dan Abu Dawud. Syaikhul Islam dalam Iqtidho’ mengatakan bahwa sanad hadits ini jayid/bagus)
 
Betapa sedih hati ini melihat kaum hawa sekarang ini begitu antusias menggandrungi mode-mode busana barat baik melalui majalah, televisi, dan foto-foto tata rias para artis dan bintang film.

Laa haula walaa quwwata illa billah.
 
Syarat keenam: bukan pakaian untuk mencari ketenaran atau popularitas (baca: pakaian syuhroh). Dari Abdullah bin ‘Umar, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa mengenakan pakaian syuhroh di dunia, niscaya Allah akan mengenakan pakaian kehinaan padanya pada hari kiamat, kemudian membakarnya dengan api neraka.” (HR. Abu Daud dan Ibnu Majah.
Syaikh Al Albani mengatakan hadits inihasan).



Pakaian syuhroh di sini bisa bentuknya adalah pakaian yang paling mewah atau pakaian yang paling kere atau kumuh sehingga terlihat sebagai orang yang zuhud. Kadang pula maksud pakaian syuhroh adalah pakaian yang berbeda dengan pakaian yang biasa dipakai di negeri tersebut dan tidak digunakan di zaman itu. Semua pakaian syuhroh seperti ini terlarang.
 
Syarat ketujuh: pakaian tersebut terbebas dari salib.
Dari Diqroh Ummu Abdirrahman bin Udzainah, dia berkata, “Dulu kami pernah berthowaf di Ka’bah bersama Ummul Mukminin (Aisyah), lalu beliau melihat wanita yang mengenakan burdah yang terdapat salib. Ummul Mukminin lantas mengatakan, “Lepaskanlah salib tersebut. Lepaskanlah salib tersebut. Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika melihat semacam itu, beliau menghilangkannya.” (HR. Ahmad. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini hasan)
 
Ibnu Muflih dalam Al Adabusy Syar’iyyah mengatakan, “Salib di pakaian dan lainnya adalah sesuatu yang terlarang. Ibnu Hamdan memaksudkan bahwa hukumnya haram.”
 
Syarat kedelapan: pakaian tersebut tidak terdapat gambar makhluk bernyawa (manusia dan hewan). Gambar makhluk juga termasuk perhiasan. Jadi, hal ini sudah termasuk dalam larangan bertabaruj sebagaimana yang disebutkan dalam syarat kedua di atas. Ada pula dalil lain yang mendukung hal ini.
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, beliau berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki rumahku, lalu di sana ada kain yang tertutup gambar (makhluk bernyawa yang memiliki ruh, pen). Tatkala Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihatnya, beliau langsung merubah warnanya dan menyobeknya. Setelah itu beliau bersabda, ”Sesungguhnya manusia yang paling keras siksaannya pada hari kiamat adalah yang menyerupakan ciptaan Allah.” (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dan ini adalah lafazhnya. Hadits ini juga diriwayatkan oleh Bukhari, Muslim, An Nasa’i dan Ahmad)
 
Syarat kesembilan: pakaian tersebut berasal dari bahan yang suci dan halal.
 
Syarat kesepuluh: pakaian tersebut bukan pakaian kesombongan.
 
Syarat kesebelas: pakaian tersebut bukan pakaian pemborosan.
 
Syarat keduabelas: bukan pakaian yang mencocoki pakaian ahlu bid’ah.
Inilah penjelasan ringkas mengenai syarat-syarat jilbab. Jika pembaca ingin melihat penjelasan selengkapnya, silakan lihat kitab Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah yang ditulis oleh Syaikh Muhammad Nashiruddin Al Albani. Kitab ini sudah diterjemahkan dengan judul ‘Jilbab Wanita Muslimah’. Juga bisa dilengkapi lagi dengan kitab Jilbab Al Mar’ah Al Muslimah yang ditulis oleh Syaikh Amru Abdul Mun’im yang melengkapi pembahasan Syaikh Al Albani.
 
Terakhir, kami nasehatkan kepada kaum pria untuk memperingatkan istri, anggota keluarga atau saudaranya mengenai masalah pakaian ini. Sungguh kita selaku kaum pria sering lalai dari hal ini. Semoga ayat ini dapat menjadi nasehatkan bagi kita semua.
 
“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (QS. At Tahrim: 6).
 
Semoga Allah memberi taufik kepada kita semua dalam mematuhi setiap perintah-Nya dan menjauhi setiap larangan-Nya.

Kita diberi banyak pilihan, menutup aurat atau tidak, melakukan kebaikan atau keburukan, melakukan ibadat atau maksiat, pahala atau dosa, dan berbagai-bagai lagi pilihan, tapi jangan kita lupa...syurga atau nerakan juga adalah pilihan kita, seandainya syurga menjadi pilihan kita, maka beribadat la kita sehingga kita berasa penat melakukan maksiat...seandainya neraka menjadi pilihanmu, maka lakukan la maksiat semahumu...nauzubillah...namun saya tetap mendoakan saya dan sahabat-sahabat sentiasa dikurniakan hidayah-Nya...

"Ya Allah, janganlah engkau pesongkan hati kami setelah Engkau
berikan kami hidayah.."

Wallahua'lam bissowab~