Attention! You have stepped onto ♥ Izzati Nadia's online journal ♥ Welcome and thanks dear! With pleasure, you are invited to visit this page again and again in future│FollowDashboard
Subhanallah Alhamdulillah Allahuakbar Astaghfirullah

Anas ibn Malik; pelayan Rasulullah SAW

Headline: Sahabat Nabi Muhammad SAW 
Tittle: Siapakah Anas ibn Malik?

Topic: Kisah Anas bin Malik; ibn Ummu Sulaym 
Sharing date: 24 Nov 2018M/ 16 Rabiulawal 1440H (Friday)
Source:  99% dari blog Sirohis 
Nama lengkapnya Anas bin Malik bin an-Nadar bin Damdan bi Zaid bin Haram bin Jundub bin Amir binKhanam bin Adi bin Najar al-Khazraji al-Ansari Abu Hamzah al-Madani. Anas bin Malik termasuk kedalam golongan sahabat meskipun saat Rasulullah saw. hidup dia masih muda belia. Ketika Rasulullah saw. bearada di Madina, Anas bin Malik bertugas sebagai pembantu (khadim) Nabi SAW, oleh karena itu orang memanggilnya dengan khadim Rasul; Anas sendiri bangga dengan panggilan itu.

Riwayat yang menjelaskan bagaimana Anas bisa menempati kedudukan sebagai khadim Rasul ialah ketika Rasul SAW hijrah ke Madinah dan menetap disana; Ibunda Anas, Ummu Sulaim al-Ansariyah (dari golongan Ansar), kepada Rasulullah SAW di kala beliau datang dari Mekah setelah perintah hijrah dari Allah SWT. Penduduk Madinah saat itu benar-benar mengalu-alukan kedatangan Rasulullah SAW., termasuk Anas yang masih kecil dan Ibunya Ummu Sulaim. Ummu Sulaim telah menanamkan di hati buah hatinya rasa cinta terhadap Rasulullah SAW., sehingaa dia tidak sabar untuk bertemu Rasulullah SAW.

Ayah Anas sempat menentang Ummu Sulaim memeluk agama Islam, namun tentangan dari ayah Anas tidak menggentarkan sedikitpun hati Ummu Sulaim dalam memeluk Islam sebagai sebuah kepercayaan yang mencerahkan peradaban manusia kala itu, agama samawi yang diajarkan Muhammad Rasulullah SAW. Ayah Anas dikabarkan meninggal dalam sebuah perselisihan ketika dia sedang berada di luar rumah, sehingga akhirnya Anas hidup sebagai seorang yatim.

Akhirnya tiba masa hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekkah. Mendengar hal ini Anas dan Ummu Sulaim sangat bahagia seperti halnya apa yang dirasakan oleh penduduk Madinah lainnya yang telah memeluk Islam. Katika Rasulullah tiba di Madinah, penduduk berbondong-bondong menyambut beliau. Mereka memberikan hadiah kepada Rasulullah, hingga akhirnya sampailah giliran Anas dan Ummu Sulaim bertemu dengan beliau.

Ummu Sulaim berkata, ”Ya Rasulullah, orang-orang Ansar baik lelaki mahupun perempuan telah memberikan hadiahnya kepada tuan. Tetapi saya tidak memiliki apa-apa untuk saya hadiahkan kepada tuan kecuali anak saya ini. Maka ambillah dia berkhidmat kepada tuan untuk membantu apa yang tuan maukan.” Rasulullah SAW. pun menerima hadiah Ummu Sulaim dengan senang hati.

Dalam rumah Rasulullah SAW inilah Anas belajar dan menangkap perilaku Rasulullah SAW yang mulia. Anas menyaksikan perilaku Rasulullah SAW dan berinteraksi secara langsung dengannya. Hampir segala perilaku atau sikap Rasulullah SAW diperhatikan dan kemudian diamalkan olehnya. Abu Hurairah berkata, “Saya belum pernah melihat orang yang menyerupai solatnya Rasulullah kecuali Ibn Ummu Sulaim (maksudnya Anas). Sealain itu, Ibnu Sirin berkata, “Anas adalah sahabat yang solatnya paling bagus, baik di rumah maupun pada waktu Safar.”

Anas bin Malik menyaksikan secara langsung bagaimana mulianya akhlak Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari. Anas pernah berkata, “Saya berkhidmat kepada Rasulullah SAW selama sepuluh tahun. Tidak pernah sekalipun Rasulullah SAW berkata: “Mengapa kamu buat begitu…” jika saya melakukan sesuatu. Apabila saya tidak melakukan sesuatu perkara, Baginda tidak pernah beberkata: “Mengapa kamu tidak lakukannya…”

Menurut riwayat Abbu Bakar bin muhammad bin muslim Ubaidillah bin Andullah bin Syihal al–Qurasyi Az– Zuhri ( 51 H\ 670 M-124 H\742 M), seorang ahli hadist, Anas bin Malik sendiri yang mengatakan bahwa ketika Rasullulah saw. hijrah ke Madinah, Anas berusia sepuluh tahun, dan ketika Rasulullah saw. wafat, usia Anas sudah mencapai dua puluh tahun. Ia di kenal dekat dengan Rasulullah saw. dan karenanya tidak mengherankan jika Anas memperoleh banyak kesempatan untuk menerima hadis dari Rasulullah saw. Di samping itu, ia juga meriwayatkan sejumlah hadis dari para sahabat para nabi, saperti Abu Bakar ra., Umar ra., Utsman ra, Ali ra., dan lain-lain.

Dalam hal meriwayatkan hadis, Anas bin Malik menempati urutan ketiga dalam kelompok sahabat. Orang yang meriwayatkan hadis dari Anas bin Malik antara lain Ibnu Sirin, Abu Qatadah, dan Hasan Basri.

Anas sendiri termasuk sahabat yang kuat hafalannya dengan urutan sebagai berikut :
1. Abu Hurairah
2. Abdullah bin Umar bin Khattab
3. Anas bin Malik
4. Aisyah binti Umar Bakar
5. Abdullah bin Abbas
6. Jabir bin Abdullah al-Ansari ( w. 74 H/ 698 M )
7. Abu Sa’id al- Khudri (w. 84 H )

Anas bin Malik sudah pandai menulis ketika diserahkan ibunya kepada Nabi SAW, sehingga ia banyak menulis hadit. Dengan menurut riwayat yang di peroleh dari yasir Abdul Wahhab bin Hibbatullah dari Abdullahbin Ahmad dari Yazid Humahid at- Tawil Anas bin Malik.

Ada berbagai versi riwayat mengenai lamanya Anas berkhidmat kepada Rasullulah SAW. Riwayat dari Isla’il bin Ubaidullah, dari Abi Isa dari Mahmud bin Gilan, dari Abu Dawud, dari Abu Khaldat, mengatakan bahwa Anas bin Malik mengabdi kapada Rasullulah SAW selama 10 tahun. Riwayat lain menyebutkan bahwa berkhidmat kepada Rasullulah SAW selama 8 tahun, dan ada pula yang mengatakan 7 tahun.

Rasullulah SAW sangat besar perhatiannya kepada Anas dan Malik.

Riwayat dari Ja’far al-Faryabi, dari Ibrahim bin Usman, dari Mukhalid bin Hasan, dari Hisyam bin Hasan, dari Hafsah, dari Anas sendiri, menceritakan bahwa ketika ibunda Anas Ummu Sulaim al-Ansyariah menyerahkan anaknya kepada Raulullah SAW, ia mengharapkan agar Rasul berkenan mendoakan anaknya. Rasulullah mengabulkan permintaan itu, seraya memanjatkan doa , “Allahumma aksir malahu wa waladuhu wa adkilhu al-jannat,” artinya, “Ya Allah, limpahkan harta dan anak keturunan yang banyak kepadanya (Anas) dan masukkanlah dalam surga.”

Dalam riwayat lain, doa yang dibacakan Rasul adalah, “Allahumma aksir malahu wa waladuhu wa bariklahu fihi” artinya, “Ya Allah limpahkanlah harta dan anak keturunan yang banyak kepadanya (Anas) dan berkatilah ia dengan harta dan anaknya itu.”

Sebagai seorang pelayan Rasul SAW, Anas bin Malik sering menemani Rasulullah SAW ke medan perang. Diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Musa dari Ishaq bin Ustman yang pernah menanyakan kepada anaknya, Musa bin Anas, katanya, “Berapa kali Anas mengikuti (peperangan) yang dipimpin Rasul?” Musa bin Anas menjawab bahwa perang yang diikuti Anas bersama Rasulullah SAW sebanyak delapan kali.

Rasulullah SAW sangat menyayangi Anas bin Malik, beliau bahkan memanggil Anas dengan pangilan kasih sayang, Unais (yang dalam bahasa Arab berarti suatu pengakuan pribadi–Anasku). Terkadang beliau juga memanggil: Anakku.

Rasulullah sering memberikat nasihat-nasihat kepadanya. Seperti nasihatnya kepada Anas berikut ini, “Anakku, bila kau mampu berada di pagi dan petang hari tanpa ada dengki di hatimu pada siapapun, maka lakukanla! Anakku, yang demikian adalah termasuk sunnahku. Barangsiapa menghidupkan sunnahku, maka ia telah mencintaiku. Barangsiapa mencintaiku, maka ia akan berada di surga bersamaku. Anakku, jika kau masuk ke dalam rumah, ucapkanlah salam karena itu akan membawa keberkahan bagimu dan juga bagi penghuni rumahmu.”

Berkat dekatnya Anas dengan Rasululah dan doa beliau yang dikabulkan Allah, Anas memperoleh keberuntungan karena ia diberitakan memiliki dua bidang kebun yang subur yang dapat di panen dua kali dalam setahun.

Berkat doa Rasulullah pula, Allah juga memberikan nikmat lain kepada Anas berupa anak keturunan yang banyak. Ada riwayat yang menyebutkan bahwa Anas mempunyai cucu sebanyak 115 orang. Riwayat lain menyebutkan bahwa Anas dikaruniai anak sebanyak 82 orang, terdiri atas 80 orang laki-laki dan 2 orang perempuan.

Namun, tidak diperoleh data yang pasti tentang ibu para anaknya yang banyak itu, apakah Anas mempunyai istri yang banyak atau ia sering kali menikah. Namun, yang sudah pasti, kekayaan dan keturunan yang banyak itu tidak menyebabkan ia lupa mengabdi kepada Tuhan. Ia tetap memperbanyak ibadahnya, seperti diungkapkan Abu Hurairah, “Saya tidak meyaksikan seseorang yang salatnya menyerupai salat Rasululah SAW, kecuali putra Ummu Sulaim (Anas).”

Anas mempunyai seorang putra yang terkenal dalam kajian hadis dan hukum Islam, yakni Malik bin Anas, pendiri mazhab Maliki di Madinah. Sama seperti ayahnya, Malik bin Anas juga berkecimpung di dunia hadis. Salah satu karyanya adalah al-Muwattha’.

Riwayat lain menggambarkan bahwa Anas bin Malik ibadahnya baik. Riwayat lain disampaikan oleh Ja’far dari Sabit yang menceritakan secara singkat tentang kelebihan dari Anas bin Malik. Pada suatu ketika di musim kemarau, Sabit tengah bersama Anas, tiba-tiba seorang pembantu Anas menghampiri mereka dan berkata, “Hai Abu Hamzah (gelar bagi Anas), betapa kering bumi kita.” Anas bin Malik segera berwudhu, kemudian shalat dua rakaat dan berdoa ke hadirat Allah. Tidak lama sesudah itu, konon awam hitam timbul di langit, lalu hujan pun turun. Setelah hujan reda, Anas mengajak para kerabatnya untuk menyaksikan langit yang sudah terang dan mengamati tanah yang sudah lembab disiram air hujan.

Anas mempunyai kegemaran memanah, dan ia sering pergi memanah bersama anak-anaknya. Anas banyak menempatkan bidikannya pada sasaran yang tepat. Kelebihan-kelebihan yang ada pada Anas ini membuat orang hormat kepadanya.
Di bidang pemerintahan, Anas termasuk orang yang terpandang. Ia pernah mendapat kehormatan untuk mengurusi administrasi daerah Bahrain. Ketika Abu Bakar diangkat menjadi khalifah, Anas yang usianya relatif masih muda dipilih menjadi petugas di sana. Berkat kerja keras dan kecakapannya dalam soal tulis-menulis (administrasi), Anas dapat mengendalikan daerah Bahrain dengan sebaik-baiknya.

Anas wafat di kota Basra dan ia merupakan sahabat terakhir yang meninggal di sana. Ia dimakamkan di At-Taffi, suatu tempat yang dihormati bangsa Arab di Irak yang terletak di sekitar 15 km dari Basra. Tidak diketahui secara pasti tahun wafat Anas dan berapa usianya yang sesungguhnya. Sebagian riwayat menyebutkan bahwa usia Anas adalah 107 tujuh tahun, sementara riwayat lain menyebutkan 95 tahun. Ada pula riwayat yang menyebutkan 91 tahun, 92, dan 93 tahun.

Saat terakhir sakit, dia berpesan kepada keluarganya, “Ajarkan aku kalimat La ilaha illahu, Muhammadun Rasulullah.” Dia terus mengucapkan kalimat tersebut hingga pada akhirnya dia meninggal dunia.

Saat wafatnya Anas, Muwarriq berkata, “Telah hilang separuh ilmu. Jika ada orang suka memperturutkan kesenangannya bila berselisih dengan kami, kami berkata kepadanya, ‘Marilah menghadap kepada orang yang pernah mendengar dari Rasululah SAW’”

Anas sebagai sahabat yang amat mencintai Rasulullah hingga akhir hayatnya adalah salah satu sahabat yang patut kita teladani kesetiaannya. Anas senantiasa berkeinginan untuk berjumpa dengan Rasulullah saat di akhirat. Anas sering berkata, “Aku berharap dapat berjumpa dengan Rasulullah Saw pada Hari Kiamat sehingga aku dapat berkata kepada beliau, ‘Ya Rasulullah, inilah pembantu kecilmu, Unais.’”
Anas Bin Malik dalam Ilmu Hadits

Anas adalah seorang sahabat yang kepakarannya dalam bidang hadits tidak dipertanyakan lagi. Dalam kitab Mausu’ah fil Kutub at-Tis’ah, tercatat Anas bin Malik meriwayatkan 4.964 hadis dengan perulangan yang tersebar di setiap kitab hadis yang 9:
• Sahih Bukhari (829 hadis).
• Sahih Muslim (485 hadis)
• Sunan at-Tirmidzi (367 hadis).
• Sunan Abi Daud. (255 hadis).
• Sunan an-Nasa’I (367 hadis).
• Sunan Ibni Majah. (280 hadis).
• Musnah Ahmad(2189 hadis).
• Muwattha’ (35 hadis).
• Sunan ad-Darimi (sisanya pada sunan ad-Darimi).
Sebagian dari hadits tersebut beliau dapatkan langsung dari Rasulullah dan sebagian yang lain diriwayatkan dari sahabat lain. Anas pernah berkata, “Ambillah (Al Qur’an dan As Sunnah) dariku, karena saya mengambilnya langsung dari Rasulullah, dan Rasulullah dari Allah. Kamu tidak akan mendapatkan kabar yang lebih kuat, kecuali dariku”.

P/s: Semoga perkongsian ini memberi manfaat kepada awak, saya, dan dia. Minta tolong doakan yang terbaik untuk diri Izzati sendiri, keluarga Izzati, para guru, dan semua kawan Izzati. Assalamualaikum wbt!

No comments:

Post a Comment

Bismillah, jadilah seorang pengkritik yang berhemah, jujur dan tidak mendengki agar orang yang dikomen mendapat manfaat daripada komen kita #HNquotez